Seri Gaya Pribadi: ENTP (bagian 8)

Beberapa minggu yang lalu, kita membahas tentang gaya pribadi ISFJ yang penuh dengan perasaan. Minggu ini kita akan membahas gaya pribadi ENTP yang terkadang kurang sensitif terhadap perasaan orang lain. Gaya pribadi ini termasuk jarang ada dengan populasi sebesar 3% dari populasi orang di dunia.

ENTP: The Innovator

Orang dengan gaya pribadi ENTP adalah orang yang logis, inovatif, punya rasa ingin tahu yang tinggi dan inventif. Mereka orang yang banyak bicara dan mencari tantangan saat debat. Mereka juga dapat melihat kemungkinan-kemungkinan untuk perbaikan yang tidak terlihat oleh orang lain dan mempunyai kemampuan untuk memahami konsep yang kompleks. Orang dengan gaya pribadi ENTP adalah orang yang introspektif dan sering menganggap bahwa peraturan dibuat untuk dilanggar. Mereka adalah pengambil resiko yang siap dengan segala kemungkinan. Seorang ENTP juga menghargai inspirasi diatas segalanya dan bekerja keras untuk membuat gagasan asli mereka menjadi kenyataan.

Seperti gaya pribadi yang lain, seorang ENTP tidaklah sempurna. Mereka kadang kurang praktis untuk sesuatu yang sederhana, kehilangan hal-hal yang detail dan lalai pada persiapan yang diperlukan. Karena mereka mempunyai kepandaian yang alami, seorang ENTP cenderung arogan dan bersikap “tahu semua”.

Seorang ENTP mempunyai gaya pribadi yang mirip dengan seorang INTP. Hanya ada beberapa perbedaan yang kebanyakan dipengaruhi oleh sikap extravert yang ada pada gaya pribadi ENTP. Begitulah deskripsi singkat dari gaya pribadi sang “penemu”. Semoga deskripsi ini bisa bermanfaat untuk anda.

[ABS]

Referensi: Renee Baron, (1998). What Type Am I? Discover Who You Really Are. Penguin Books, 1998.

Dengan label: , ,
Ditulis di Gaya Pribadi MBTI

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*


+ 1 = 9