Sehat Tanpa Beban

http://pictures.labho.com

Apakah Anda termasuk orang yang khawatir dengan berat badan Anda? Pernakah Anda membuat resolusi tahun baru untuk mengurangi makan dan menurunkan berat badan tapi hanya bertahan selama 1 minggu? Apakah Anda sering mengikuti berbagai macam diet yang sedang nge trend tapi tidak berhasil?

Bila Anda sudah punya kemauan tetapi belum yakin dapat melakukannya, mungkin Anda perlu menjalani hipnoterapi. Apa itu Hipnoterapi? Menurut Ardhana Bayurindra Biran, MA, CH (NGH), consulting hypnotherapist dari Daya Insani, hipnoterapi adalah, “Suatu bentuk terapi melalui proses hypnosis, dimana setelah seorang klien berada dalam kondisi relaks (antara tingkat kesadaran alpha hingga theta) ia diberikan sugesti sesuai dengan kebutuhan dirinya. Sugesti ini sendiri berbentuk ‘ informasi’ yang dikomunikasikan secara berulang kepada si klien dengan tujuan mengedukasi atau re-edukasi pikiran bawah sadarnya. Sugesti ini sendiri dapat diterima ataupun ditolak oleh pikiran bawah sadar, sangat bergantung pada kemampuan seseorang untuk memahaminya. Oleh karenanya, proses hipnoterapi sebaiknya didahului dengan pre-talk atau konseling singkat agar kedua pihak (hipnoterapis dan klien) bisa mencapai kesepakatan tentang sugesti apa yang paling tepat untuk kebaikan si klien”.

Menurut riset (Stradling, Roberts, Wilson, & Lovelock, 1998), hipnoterapi dapat membantu menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan bahkan untuk menaikkan berat badan. Kelebihan berat badan (bila diukur dari perbandingan tinggi tubuh dengan berat ideal) bisa berdampak negatif bagi kesehatan kita, seperti; stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes. Agar kesehatan kita tetap prima, alangkah baiknya bila kita selalu menjaga berat badan secara proporsional. Bila Anda memutuskan untuk mengurangi berat badan, pastikan bahwa itu adalah untuk tujuan positif, seperti kesehatan misalnya atau memperbaiki penampilan agar tampak lebih segar dan bergairah. Apapun tujuannya, bila itu Anda rasakan akan memberikan dampak positif bagi Anda, maka proses pengurangan berat badan dapat dijalani dengan lebih mudah dan tanpa beban.

Mungkin sebagian dari kita pernah melakukan diet untuk menurunkan berat badan, ada yang sukses , setengah sukses atau bahwa mungkin ada yang merasa tidak sukses sama sekali. Ada juga yang berhasil mencapai target yang diinginkan, namun selang beberapa saat berat badan itu kembali lagi seperti semula. Mengapa hal ini bisa terjadi? Biasanya, hal seperti ini terjadi karena si pemilik tubuh tidak disiplin dalam menjalani hidup. Karena itu, sangat mungkin diperlukan perubahan gaya hidup. Apa yang dimaksudkan dalam gaya hidup ini lebih menyangkut pada hal-hal seperti; disiplin berolah raga, menjalani waktu istirahat secara benar, tidak merokok, mengatur pola makan, menkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, menjaga pikiran agar tetap positif dan masih banyak lagi.

Bila ternyata dibutuhkan perubahan gaya hidup untuk memperoleh kesehatan yang prima, selain dari menurunkan berat badan, maka peran hipnoterapi menjadi penting terutama bagi kita yang terhambat oleh dorongan mental yang justru menjauhkan kita dari upaya perubahan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merubah cara pandang kita tentang gaya hidup yang mungkin selama ini kurang baik. Pikiran bawah sadar kita sesungguhnya mendorong kita melakukan hal-hal yang sudah diprogram secara alami dan menjadikan itu sebagai bentuk perilaku kita. Pikiran bawah sadar mengendalikan aktifitas rutin yang dilakukan sehari-hari seperti berbicara, makan, mengemudikan mobil, membaca buku bahkan juga mengendalikan diri dalam bersikap, berpikir, berespon terhadap sesuatu atau dalam mengambil keputusan. Tuntutan perubahan ini sendiri merujuk pada sikap mental, yang kelak dapat mendorong atau justru sebaliknya menghentikan langkah kita.

Hipnoterapi dapat membantu kita, antara lain melalui perubahan sikap mental yang didorong oleh program positif alami dari pikiran bawah sadar. Melalui hipnoterapi kita dapat berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar dan merekreasi program yang sudah ter-install di dalam pikiran bawah sadar kita. Jadi kalau Anda mau menjalani hidup yang lebih sehat maka sebaiknya Anda mulai memperbaiki gaya hidup Anda yang mungkin selama ini tidak Anda perhatikan.

[ABS]

“Age is an issue of mind over matter. If you don’t mind, it doesn’t matter.”Mark Twain

Tagged with: , , ,
Posted in Hypnotherapy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


2 + 9 =