Rintangan Kesuksesan Entrepreneur #2: Takut Untuk Mencoba

Apakah Anda pernah mengalami hal seperti ini. Ada peluang usaha yang muncul dihadapan Anda, tapi Anda ragu untuk mencobanya. Sepertinya kesempatan yang baik, tapi bagaimana bila Anda gagal?

Kebanyakan entrepreneur pernah mengalami hal seperti ini. Dan ketika Anda ragu untuk mencoba hanya satu hal yang menghambat Anda: ketakutan. Ini suatu hal yang biasa dialami oleh setiap orang, tapi bagi seorang entrepreneur hal ini bisa sangat merugikan.

Anda takut usaha yang baru akan gagal seperti yang lalu. Atau ide yang kali ini tidak akan berjalan. Atau Anda takut akan kehilangan modal.

Ini adalah beberapa rasa takut yang sering dialami oleh seorang entrepreneur.

Rasa takut biasanya muncul dari pengkondisian, yang berasal dari asosiasi dan pembelajaran yang Anda alami semasa hidup. Mungkin Anda pernah mendapat nilai merah semasa sekolah, lalu orang tua menyalahkan diri Anda karenanya. Dan sekarang pun Anda tetap merasa takut untuk mencoba usaha yang baru. Takut kalau sampai usaha yang baru ini akan menghasilkan ‘nilai merah’ atau gagal.

Situasi tersebut adalah contoh dan gambaran sederhana tentang ketakutan yang mungkin Anda alami. Psikolog yang ahli memerlukan waktu bertahun-tahun demi mendapatkan pengalaman yang cukup untuk menemukan solusi dari masalah orang yang berbeda-beda.

Mengapa bisa begitu? Karena setiap orang mempunyai profil psikologis yang unik. Untuk mengungkapkan ketakutan Anda yang sebenarnya akan diperlukan keahlian dan ketrampilan yang tinggi.

Bila Anda dapat menganalisa rasa takut itu secara rasional, sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti. Rasa takut yang Anda rasakan itu semu dan berasal dari pikiran bawah sadar yang ingin memproteksi Anda dari kekecewaan.

Pikiran bawah sadar mempunyai pengaruh yang kuat. Ia tahu diri Anda secara mendalam dan tahu cara agar Anda melakukan hal yang diinginkannya. Walaupun mempunyai maksud yang baik, pikiran bawah sadar dapat melumpuhkan Anda dengan pikiran negatif, rasa takut dan limiting beliefs yang lain.

Untungnya, pikiran bawah sadar Anda dapat selalu di program ulang. Dengan memprogram ulang pikiran bawah sadar rasa takut tersebut dapat dihilangkan.

Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa takut ini. Salah satunya adalah dengan bermeditasi dan merasakan apa saja ketakutan yang ada dalam diri Anda. Lalu tuliskan pada kertas kebalikan dari rasa takut itu. Pejamkan mata Anda, rileks dan rasakan perasaan positif yang Anda tuliskan dalam kehidupan Anda yang baru.

Anda juga bisa konseling dengan seorang psikolog untuk mengatasi rasa takut tersebut. Dengan konseling bersama psikolog yang ahli, Anda dapat menemukan penyebab dari rasa taku yang selama ini menghambat. Tapi apabila rasa takut tersebut berasal dari trauma yang mendalam, mungkin akan lebih baik apabila Anda melakukan hipnoterapi.

Melalui hipnoterapi, Anda dapat berdialog secara langsung dengan pikiran bawah sadar. Cara ini efektif dalam memprogram ulang pikiran bawah sadar dan menanamkan pikiran positif didalamnya.

Jangan biarkan rasa takut menghalangi Anda mencapai kehidupan yang Anda inginkan. Dengan strategi dan cara yang benar, rasa takut dapat dihilangkan dari pikiran bawah sadar. Setelah itu pikiran bawah sadar dapat digunakan Anda untuk menciptakan motivasi yang kuat dalam merealisasikan impian – kesejahteraan, kebebasan dan kebahagiaan. [ABS]

“If you look into your own heart, and find nothing wrong there, what is there to worry about? What is there to fear?” ~ Confucius

Dengan label: , , , , ,
Ditulis di Motivasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*


9 + = 14