Makanan Alami untuk Mental yang Sehat

Foto: ordinaryrecipes.com

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi akan efek dari diet dan olahraga terhadap kesehatan fisik seseorang. Sudah diketahui bahwa diet dan olahraga dapat mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung dan kanker. Tapi tahukah Anda kalau diet dan olahraga yang teratur dapat melindungi seseorang dari gangguan mental?

Menurut Fernando Gomez-Pinilla, profesor neurosurgery dan physiological sciences dari UCLA, makanan dapat berfungsi seperti senyawa farmasi yang mempengaruhi otak Anda. Makanan yang terlalu banyak di proses seperti permen, mie instan dan makanan ringan dapat secara negatif mempengaruhi kestabilan mental Anda. Sebaliknya makanan alami seperti sayuran, ikan dan buah-buahan, dapat menyembuhkan gangguan mental dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin.

Salah satu senyawa yang diperlukan oleh tubuh adalah asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3, yang banyak ditemukan di ikan salmon, walnuts dan buah kiwi, dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar dan ingatan seseorang. Selain itu asam lemak omega-3 telah diketahui dapat melawan gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, schizophrenia dan dementia. Riset juga menunjukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, mempunyai kemampuan membaca dan mengeja yang baik, selain mempunyai masalah perilaku yang lebih sedikit.

Tahukah juga Anda kalau makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan tubuh Anda? Di dalam sistem pencernaan terdapat miliaran mikro organisme yang berguna untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Mikro organisme ini memproduksi vitamin dan nutrisi yang tidak dapat di produksi oleh tubuh. Selain itu mikro organisme ini juga mengatur sistem kekebalan tubuh, meregulasi pencernaan dan melindungi tubuh dari infeksi. Apabila keseimbangan mikro organisme ini terganggu, maka akan mengakibatkan gangguan pada tubuh dan mental Anda.

Menurut dokter Mark Hyman, ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat:

  1. Makan makanan alami yang berserat, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan.
  2. Kurangi gula, makanan sintetis, protein hewani karena akan menjadi makanan bagi mikro organisme patogen.
  3. Hindari penggunaan antibiotik karena akan mematikan mikro organisme yang berguna untuk pencernaan.
  4. Konsumsi probiotik setiap hari karena dapat mempertahankan mikro organisme yang berguna.
  5. Gunakan tes khusus untuk mengetahui kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh Anda.
Tips ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan walaupun Anda tidak mengalami gangguan. Jadikanlah aktifitas makan sebagai kesempatan untuk memperbaiki kesehatan tubuh dan mental Anda melalui konsumsi makanan yang alami dan tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar dan kenikmatan sesaat. Eat well, stay healthy! [ABS]
“Let food be thy medicine and medicine be thy food”Hippocrates
References:
Dengan label: , ,
Ditulis di Info

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*


+ 7 = 8