Kisah Martin*

……saya bekerja di sebuah perusahaan ekspedisi internasional yang terkenal di dunia. Pendidikan memang D3 saja. Namun saya kurang suka pekerjaan yang sekarang. Saya masih muda, ingin maju, punya karir bagus; kalau bisa di bagian sales, marketing. Ketemu macam-macam orang penting, pakai dasi, pakaian rapi, jalan-jalan. Gaya ’kan! Keren! Saya sudah 2x ikut tes dan wawancara. Selama ini bisa dibilang ’gagal’. Apa iya saya tidak cocok di sini? Sekarang ada kesempatan untuk ikut tes dan wawancara lagi. Tapi saya ragu, bisakah lolos?

picture24 Sebenarnya mana yang cocok buat saya? Yang bisa bikin saya senang, puas, dan merasa sukses? Saya beberapa kali pernah diminta membantu bagian informasi, bekerja dengan komputer. Saya memang bisa komputer, dan suka juga mengerjakannya. Teman-teman di bagian ini senang dengan bantuan yang saya berikan; bahkan bilang saya cocok dengan kerja ini. Tapi, di sini saya tidak ketemu banyak orang. Tidak bisa tampil gaya, tampil keren, dikenal orang. Saat ini, kebetulan ada lowongan di bagian ini. Saya juga tak perlu ikut tes dan wawancara. Bisa langsung pindah, kalau mau.

Bagaimana ini?

Bingung jadinya..

Setelah menjalani beberapa tes, dan diskusi yang cukup intensif tentang kompetensi dan karakter pribadinya, Martin merasa mantap menentukan pilihannya dan memutuskan untuk memulai karir baru.

*bukan nama sebenarnya

Tagged with:
Posted in Counseling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 + = 9

WhatsApp chat