Seri Gaya Pribadi: ISTJ (bagian 3)

ISTJ: The Inspector

http://members.chello.nl

Di bagian 3 dari Seri Gaya Pribadi ini akan digambarkan seorang dengan tipe kepribadian ISTJ. Seperti di artikel sebelumya, ISTJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang ada dalam MBTI. Orang dengan tipe kepribadian ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan tipe-tipe kepribadian yang lain.

Karakteristik seorang ISTJ

Seorang ISTJ adalah orang yang sangat setia dan dapat diandalkan. Mereka sangat menghargai kejujuran dan integritas dalam aktifitasnya. Dalam pekerjaan mereka biasanya menyelesaikan tugasnya secara tuntas, rapi, dan tepat pada waktunya. Mereka memiliki pertimbangan yang matang dalam mencari solusi untuk sebuah masalah dan biasanya berpijak pada hal praktis. Menyukai hal-hal yang berdasarkan fakta dan jelas. Karena pola pikirnya yang terencana, seorang ISTJ sangat terorganisir dan sistematis. Selain itu mereka juga patuh pada sistem dan prosedur. Keberhasilannya sering didapat melalui kerja keras dan keuletan. Mereka tampak tenang dan konsisten, bahkan pada saat krisis. Ada sekitar 12% populasi orang di dunia yang termasuk dalam tipe kepribadian ini.

Sama seperti tipe kepribadian yang lain, seorang ISTJ juga mempunyai kelemahan. Mereka cenderung ragu-ragu terhadap gagasan baru jika tidak dapat melihat manfaatnya dan mempraktikkannya. Kurang peka pada kebutuhan orang lain, terutama yang berbeda dari dirinya. Mereka jarang menyisihkan waktu untuk relaksasi karena bagi mereka bekerja itu lebih penting dan produktif, padahal sebenarnya mereka memerlukan waktu relaksasi itu.

Itulah sekilas gambaran seseorang ISTJ, tipe seorang pekerja keras yang tabah. Mungkinkah anda seorang ISTJ? Kalau dalam film Star Wars anda adalah seorang Darth Vader.

[ABS]

Referensi: Renee Baron, (1998). What Type Am I? Discover Who You Really Are. Penguin Books, 1998.

Dengan label: , ,
Ditulis di Gaya Pribadi MBTI

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*


3 + = 7