Seri Gaya Pribadi: ISFJ (bagian 7)

http://members.chello.nl

Untuk minggu ini kita akan membahas gaya pribadi ISFJ dan apa yang membuat mereka unik. Diperkirakan hanya ada sekitar 10% dari populasi orang di dunia yang mempunyai gaya pribadi ini.

ISFJ: The Defender

Seorang ISFJ adalah sosok yang setia, pendiam dan berbelas kasih. Mereka sangat memahami dan sensitif terhadap perasaan orang-orang yang berada di sekitarnya. Mereka memiliki etika kerja yang baik dan menunaikan tugasnya tepat pada waktunya. Mereka adalah orang yang sederhana, realistis, menyukai orang lain yang tenang dan tidak berlagak. Selain itu, mereka juga mempunyai daya imajinasi yang kuat dan juga ingatan hal detail yang sangat baik. Untuk mengambil keputusan, mereka cenderung menggunakan pertimbangan yang praktis. Mereka juga suka pekerjaan terstruktur yang ada kesempatan untuk bekerja sama dengan orang lain.

Seperti gaya pribadi yang lain seorang ISFJ juga mempunyai beberapa kelemahan. Seorang ISFJ terkesan kurang spontan karena terlalu banyak yang perlu dipertimbangkan. Karena kesengannya akan hal yang praktis, mereka cenderung tidak suka akan pembicaraan tentang teori yang kompleks dan abstrak. Mereka juga sulit untuk membicarakan atau melakukan hal yang tidak menyenangkan. Kebaikannya juga sering dimanfaatkan oleh orang lain. Mereka juga kurang fleksibel bila terjadi perubahan pada sebuah rencana yang telah ditentukan.

Begitulah sekilas gambaran gaya pribadi seorang ISFJ. Untuk minggu depan, kita akan membahas gaya pribadi seorang ENTP; si penemu yang penuh energi.

[ABS]

Referensi: Renee Baron, (1998). What Type Am I? Discover Who You Really Are. Penguin Books, 1998.

Tagged with: , ,
Posted in MBTI Personality Type

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


1 + = 10

WhatsApp chat