Ingin Menang Sendiri?

sabayagazine.com

Saya wanita 18 tahun. Saya mempunyai masalah dalam diri saya yaitu saya sering menang jika ada masalah dengan pasangan, dimarahi orang lain, ataupun hal sepele lain. Yang ingin saya tanyakan apakah yang terjadi pada diri saya ni Genie? Mengingat saya sekarang telah bekerja, apakah ini berpengaruh pada kehidupan saya kelak? Dan apakah ini ada sangkut paut dengan masa kecil saya yang sangat dimanjakan?

Jawab:

Sering menang atau sering ingin menang? Kedua pernyataan ini dapat bermakna berbeda. Dalam situasi Anda kami menangkap bahwa maksud Anda adalah sering ingin menang dan memang berakhir dengan ‘kemenangan’ Anda. Namun, siapakah yang menyatakan Anda menang? Apakah menang dalam artian Anda memperoleh yang Anda mau atau Anda menang dengan cara memaksakan kehendak Anda?

Berdasarkan informasi, kami perkirakan bahwa Anda sering bermasalah dengan orang lain. Namun suatu hal yang baik jika Anda telah merasakan ‘ketakberesan’ pada sikap Anda tersebut. Tak selamanya hidup ini berarti kompetisi yang harus berakhir dengan menang atau kalah. Menjawab pertanyaan Anda, ya, sikap ini bisa saja mempengaruhi kinerja dan hubungan Anda dalam dunia kerja. Bagus jika itu dalam hal positif. Namun menjadi tidak bagus, bahkan mungkin memalukan, jika justru terjadi yang sebaliknya. Bisa jadi sikap ini berkaitan dengan masa kecil Anda. Namun kini, saat Anda dewasa, hal ini sudah tak penting lagi. Anda tidak bisa kembali ke masa yang sudah lewat, Anda pun tak perlu menyalahkan siapa pun. Sebagai wanita dewasa yang bertanggung jawab pada hidup Anda sendiri, kini saatnya Anda memperbaiki sikap.

Sepengetahuan kami, orang yang pandai mengendalikan diri, pandai berkomunikasi, suka dan lebih banyak berpikir serta berbuat untuk kenyamanan orang lain, tidak pernah mengalami masalah hingga harus berakhir dengan kemenangan atau kekalahan. Bila Anda ingin sukses berkarir di manapun Anda bekerja, salah satu caranya ya dengan membuat diri Anda pandai dalam 4 hal tadi. Semoga sukses!

Rengganis Lenggogeni B., M. Psi

Konsultan dari Daya Insani, Konsultan Psikologi & Hipnoterapi, Jakarta

Artikel diambil dari Tabloid Genie

“Glory, built on selfish principles, is shame and guilt” – William Cowper

Dengan label:
Ditulis di Artikel Media

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*


+ 6 = 7