Seri Gaya Pribadi: INFJ (bagian 10)

http://members.chello.nl

Gaya pribadi yang akan dibahas kali ini adalah gaya pribadi yang termasuk dalam kategori visioner. Nelson Mandela, Oprah Winfrey dan Goethe termasuk dalam gaya pribadi yang unik ini. Gaya pribadi apa yang bisa menghasilkan seorang Nelson Mandela? Yang dimaksud adalah gaya pribadi INFJ. Gaya pribadi ini bisa dibilang sangat langka dengan tingkat populasi yang diperkirakan hanya 1% dari total populasi dunia. Apakah Anda seorang INFJ? Mari kita simak ciri-cirinya.

INFJ: The Counselor

Yang membedakan gaya pribadi ini dari gaya pribadi yang lain adalah kemampuannya dalam berempati dengan orang lain. Seorang INFJ cenderung untuk mengabdikan hidupnya untuk sesuatu yang di yakininya dan memilih pekerjaan dimana nilai-nilai pribadi yang diyakini dan idealismenya dapat berkembang. Mereka sangat menjunjung integritas pribadi. Karena kepribadiannya yang introvert, mereka adalah pendiam dan lebih suka menyendiri. Karena kelebihannya untuk berempati, menjadikan mereka orang yang lembut, penuh perasaan, butuh harmoni dan tabah. Mereka juga dapat melihat makna peristiwa secara intuitif untuk meramalkan apa yang diperlukan. Mereka juga pembuat keputusan yang bijaksana karena kebiasaannya untuk berpikir secara mendalam sebelum bertindak. Karena kebutuhannya akan harmoni, seorang INFJ cenderung membangun kerjasama dengan menyatukan tujuan dan mudah memahami emosi orang lain.

Walaupun seorang INFJ mempunyai banyak kelebihan, tetapi masih ada juga beberapa kelemahannya. Karena kebutuhannya akan harmoni, mereka akan berusaha untuk menghindari konflik. Mereka juga sering mengabaikan fakta penting yang tak mendukung posisinya atau pendapatnya. Seorang INFJ juga mempunyai kecenderungan untuk mengatur dan perfeksionis.

Begitulah sekilas ciri-ciri seorang INFJ. Gaya pribadi seorang visioner yang berempati, idealis, lembut dan penuh perasaan.

[ABS]

Referensi: Renee Baron, (1998). What Type Am I? Discover Who You Really Are. Penguin Books, 1998.

Tagged with: , ,
Posted in MBTI Personality Type

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 1 = 5

WhatsApp chat