Seri Gaya Pribadi: ESTP (bagian 9)

http://members.chello.nl

Apa kesamaan dari seorang Bruce Willis, Madonna dan James Bond? Sekilas sepertinya tidak ada kesamaan. Tapi bila dilihat dari kacamata MBTI, mereka mempunyai gaya pribadi ESTP. Diperkirakan ada sebanyak 8% populasi orang di dunia yang mempunyai gaya pribadi ini. Seperti apa sih gaya pribadi ESTP? Mari kita simak.

ESTP: The Adventurer

Antusias dan energik, adalah salah satu ciri khas seorang ESTP. Mereka hidup di lingkungan yang penuh dengan aksi dan bukan teori. Mereka adalah realis yang suka dengan risiko, petualangan dan memulai sesuatu yang penuh tantangan. Informalitas adalah hal yang digemari oleh seorang ESTP. Karena kepandaiannya dalam meredakan situasi yang tegang dan menyatukan perbedaan, mereka bisa menjadi negosiator yang terampil. Mereka juga pemecah persoalan yang cakap karena dapat menyerap informasi faktual yang diperlukan untuk menemukan solusi logis dengan cepat, tanpa banyak membuang usaha dan energi.

Pada saat yang bersamaan, kekuatan seorang ESTP bisa menjadi kelemahannya. Karena sifatnya yang spontan, mereka biasanya tidak membuat struktur dan penataan sehingga kurang bisa menunjukkan caranya memecahkan masalah secara sistematis. Mereka lebih tertarik memecahkan masalah dengan cepat, cenderung langsung pindah ke krisis yang berikutnya tanpa menuntaskan masalah yang sebelumnya karena sudah kurang menggairahkan. Mereka juga cenderung mengabaikan perasaan orang lain dan senang berbicara blak-blakan.

Begitulah gambaran singkat gaya pribadi ESTP. Seorang yang realistis, pragmatis, sesuai fakta dan percaya pada akal sehat.

[ABS]

Referensi: Renee Baron, (1998). What Type Am I? Discover Who You Really Are. Penguin Books, 1998.

Tagged with: , ,
Posted in MBTI Personality Type

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 9 = 16

WhatsApp chat