Seri Gaya Pribadi: ENTJ (Final)

Teru Iwasaki AP

Lahir pada tanggal 19 November 1935, John Francis “Jack” Welch Jr. di Salem, Massachusetts USA adalah seorang insinyur kimia, eksekutif bisnis dan pengarang. Setelah lulus dari University of Illinois at Urbana-Champaign pada tahun 1960, Jack Welch mulai bekerja di General Electric. Pada tahun 1972 beliau menjadi vice president di GE. Beliau menjadi senior vice president pada tahun 1977 dan vice chairman pada tahun 1979. Pada tahun 1981, Jack Welch menjadi CEO termuda dalam sejarah GE.

Saat menjabat sebagai CEO dari GE, Jack Welch dikenal sebagai seorang yang tegas ketika bertemu dengan manajer dan eksekutif nya. Setiap tahun beliau akan memutuskan hubungan kerja denga 10% manajer yang berperforma rendah. Akan tetapi beliau adil dan akan memberikan bonus dan stock option untuk 20% dari manajernya yang berperforma tinggi.

Pada tahun 1980, setahun sebelum Jack Welch diangkat menjadi CEO, GE membukukan pendapatan sebesar $26.8 milliar. Pada tahun 2000, setahun sebelum beliau berhenti menjadi CEO, GE membukukan pendapatan sebesar $130 milliar. Jack Welch berhasil menjadikan GE sebagai perusahaan terbesar dan paling berharga di dunia.

Ketegasan dan kemampuan memimpin sebuah organisasi, seperti yang ditunjukan oleh seorang Jack Welch, adalah ciri khas dari gaya pribadi ENTJ. Pembahasan gaya pribadi ini akan menjadi penutup dari seri ulasan gaya pribadi MBTI.

ENTJ: Fieldmarshal

ENTJ adalah seorang yang strategis, teratur dan mempunyai kemampuan memimpin yang alami. Mereka adalah seorang koordinator yang ahli dan dapat mengatur beberapa group dengan efektif. Mereka dapat cepat memahami situasi yang kompleks dalam suatu organisasi dan mencarikan solusi yang jitu. Seorang ENTJ tidak akan sungkan dalam menyuarakan pendapatnya demi kebaikan organisasi. Mereka adalah orang yang tegas, menghargai ilmu pengetahuan, efisiensi dan kompetensi. Mereka akan bekerja keras untuk menyempurnakan suatu sistem.

Terkadang mereka dapat terlihat arogan dengan ilmu yang dimilikinya. Mereka suka terlalu percaya diri dan fokus pada dirinya sendiri. Ketegasannya pada suatu aturan sering mengabaikan situasi manusiawi. Seorang ENTJ sering mengambil keputusan yang tergesa-gesa sehingga terkesan tidak matang.

Ini adalah artikel penutup dari seri gaya pribadi MBTI. Semoga artikel ini dan artikel-artikel sebelumnya tentang gaya pribadi dapat membantu Anda untuk mengenal dan menerima diri Anda sendiri. [ABS]

“Control your own destiny or someone else will.”Jack Welch

Referensi: Renee Baron, (1998). What Type Am I? Discover Who You Really Are. Penguin Books, 1998.

http://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Welch

Tagged with: , ,
Posted in MBTI Personality Type

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 2 = 6

WhatsApp chat