Don’t Give Up! Mengubah Kekalahan Jadi Kemenangan

https://images.nonexiste.net

Apa yang membedakan seorang yang menang dengan seorang yang kalah dalam hidup ini? Bedanya adalah orang yang kalah telah menyerah pada kekalahannya, sedangkan orang yang menang adalah mereka yang belajar dari kekalahannya. Sebenarnya dalam hidup ini, Anda tidak pernah kalah kecuali Anda mengizinkan diri Anda untuk kalah. Yang ada hanyalah kemunduran, bukan kekalahan.

Kemunduran adalah sesuatu yang normal dalam kehidupan. Sama ibaratnya seperti musim dingin yang datang sebelum musim semi. Selama Anda tidak getir dengan kemunduran tersebut, Anda tidak akan pernah rugi. Malah dalam kemunduran tersebut Anda dapat introspeksi diri dan mengambil lebih banyak pelajaran ketimbang ketika Anda sedang dalam kesuksesan.

Kalau Anda pernah membaca atau mempelajari kisah sukses orang-orang ternama seperti Rudi Hartono, Nelson Mandela, Thomas Edison dan orang-orang besar lainnya, pasti Anda akan melihat berbagai macam halangan yang harus mereka lewati sebelum mencapai kesuksesan. Yang membedakan mereka dari rata-rata orang adalah ketekunan mereka dalam usahanya mencapai kesuksesan. Mereka bertanggung jawab penuh terhadap apa yang terjadi dalam hidupnya dan tidak pernah mencari alasan atau menyalahkan pihak lain atas kemunduran yang mereka alami.

Rudy Hartono, legenda bulutangkis Indonesia, pernah mengalami kekalahan ketika bertanding. Dari kekalahannya, beliau belajar dan memperbaiki kekurangannya agar menjadi lebih baik. Beliau pun mengakui bahwa pada zamannya, fasilitas yang tersedia untuk latihan tidak sebagus saat ini. Tapi hal itu tidak menghalangi beliau untuk menjuarai All England 8 kali, suatu rekor yang sampai saat ini belum terpecahkan.

Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan, tidak pernah menyerah dalam perjuangannya menghilangkan apartheid atau diskriminasi berdasarkan ras dari negaranya. Walaupun beliau di penjara selama 27 tahun, beliau tidak pernah menyerah dan pada akhirnya berhasil menjadi presiden Afrika Selatan dan menghilangkan sistem apartheid. Beliau juga mendapatkan penghargaan Nobel untuk perdamaian di tahun 1993.

Thomas Edison adalah salah satu ilmuwan yang terkenal dengan ketekunannya. Beliau melakukan ribuan eksperimen sebelum akhirnya menemukan bola lampu. Namun perlu dicatat bahwa beliau tekun melakukan eksperimen, bukan sekedar tekun saja. Dari ketekunan beliau melakukan eksperimenlah yang akhirnya memberikan sebuah hasil.

Ketekunan saja belum tentu menghasilkan sukses. Tapi apabila ketekunan tersebut dipadukan dengan eksperimen maka akan menghasilkan hal-hal yang baru yang dapat mengantarkan Anda pada kesuksesan.

Banyak orang yang tekun dalam melakukan usaha dengan cara yang sama tapi tidak pernah berhasil karena tidak mau mencoba melakukan usahanya dengan cara yang lain. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Apapun halangan yang Anda hadapi saat ini, jangan pernah menyerah untuk mencapai kesuksesan yang Anda impikan, tapi jangan juga berkeras kepala apabila cara yang sekarang Anda tempuh saat ini tidak memberikan hasil seperti yang Anda harapkan. Ingat formulanya: Ketekunan + Eksperimen = Sukses!

Setiap bayi yang dilahirkan di dunia ini adalah juara. Anda adalah seorang juara asalkan Anda tidak menyerah pada cobaan atau halangan yang Anda hadapi. Seperti yang dikatakan oleh Rocky Balboa.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=0z29W1IYNus&feature=related]

Ambil pelajaran dari setiap cobaan yang Anda alami saat ini, dan jadikan pelajaran itu sebagai modal untuk memperbaiki diri Anda dan mencapai kesuksesan yang Anda impikan. Tekunlah dalam bereksperimen untuk dapat merealisasikan kesuksesan yang Anda dambakan. Life is short, so don’t give up. Keep on persisting to achieve your dreams! [ABS]

“Achievement seems to be connected with action. Successful men and women keep moving. They make mistakes, but they don’t quit!” ~ Conrad Hilton

Referensi

http://www.time.com/time/magazine/article/0,9171,1554932,00.html

http://www.bbc.co.uk/news/world-africa-12305154

http://en.wikipedia.org/wiki/Thomas_Edison

Tagged with: ,
Posted in Motivation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 2 = 10

WhatsApp chat