Anda adalah Apa yang Anda Pikirkan

Semua orang pernah punya masalah. Terkadang, hal itu menimbulkan trauma atau ketakutan terhadap apa yang akan dihadapinya di depan. Sebagai contoh, beberapa dari kita mungkin pernah merasa selalu gagal dalam mendapatkan pekerjaan atau merasa apa yang dimilikinya tidaklah cukup.

Bahkan ketika orang tersebut telah mendapatkan pekerjaan, ia berpikir “apakah saya bisa menjalani tanggung jawab ini?”.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda pikirkan, karena apa yang Anda pikirkan mungkin akan terwujud.

Hal itu tentunya dapat menjadi penghalang dalam menjalani tantangan yang ada di depan. Halangan dan rintangan dapat dianalogikan sebagai sebuah batu yang besar, sementara pikiran kita adalah sebuah kendaraan yang harus melalui batu tersebut. Jika kendaraan kita berukuran kecil, maka kita akan kesulitan menghadapi batu yang besar.

Dengan demikian, jika kita berpikiran kecil atau sempit kita akan sulit melalui segala halangan dan rintangan yang ada di depan kita. Sebaliknya jika kendaraan kita lebih besar dibandingkan dengan batu yang harus dilalui, maka kendaraan tersebut akan lebih mudah melalui batu tersebut. Dengan demikian, jika kita berpikiran besar dan berani untuk menghadapi rintangan dan resiko yang ada di depan, tentunya akan lebih mudah melalui segala halangan dan rintangan yang ada.

Adalah David J. Schwartz yang berargumen bahwa hal utama yang membuat orang berpaling adalah kecilnya pemikiran mereka. Bukunya yang berjudul “The Magic of Thinking Big” menceritakan tentang seorang salesman yang lebih produktif menjual dan menghasilkan uang dibandingkan dengan teman kerjanya yang lebih pintar, berpendidikan, dan banyak koneksi. Modal salesman ini hanyalah tekad besar untuk menjual lebih, dan ia melakukannya. Buku tersebut memotivasi kita agar berpikir dan berjiwa besar. Hal ini tidak hanya dapat diterapkan dalam dunia marketing, akan tetapi dalam segala aspek kehidupan.

Oleh karena itu, mari kita mulai berpikir besar dan berjiwa besar! Percayalah bahwa Anda dapat berhasil. Sembuhkan diri Anda dari berbagai dalih yang hanya akan menyebabkan kegagalan. Bangun kepercayaan dan hancurkan ketakutan Anda.

Berpikiran besar berarti menolak segala sesuatu yang hanya memperkecil diri Anda. Orang yang berpikiran besar adalah orang yang bersemangat dan membuang segala pikiran negatif yang hanya membuatnya lemah. Orang yang berpikiran besar adalah orang dengan pemikiran luas dan terbuka serta membuang segala pemikiran sempit.

Berjiwa besar berarti memiliki mental yang berani menghadapi segala rintangan yang ada. Orang yang berjiwa besar adalah orang yang membuang segala kekhawatiran dan ketakutan yang hanya membuatnya kecil.

Bagaimana cara berpikir dan berjiwa besar? Salah satunya adalah belajar dan menuntut ilmu. Kemudian melatih pikiran dan jiwa. Intinya berpikiran positif, karena Anda adalah apa yang Anda pikirkan.

Jika Anda berpikir bisa, maka Anda pasti bisa!

Dengan demikian, jika Anda sekarang belum mendapatkan pekerjaan, yakinlah bahwa Anda pasti akan mendapatkannya. Terus berusaha, pelajari dan tingkatkan kemampuan Anda.

Dan jika setelah sekian lama akhirnya Anda mendapatkan pekerjaan, tetapi Anda tidak yakin dapat menjalani tugas dan pekerjaan tersebut. Usahakan hindari perasaaan itu, yakinlah bahwa Anda bisa melalui itu semua. Pelajari tugas dan pekerjaan Anda, tingkatkan kemampuan dan pengetahuan Anda untuk menghadapinya. Dan katakan “saya bisa menjalani tanggung jawab ini!”.

Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Maka jika Anda berpikiran dan berjiwa besar maka Anda akan menjadi orang yang besar. Sudahkah Anda berpikiran dan berjiwa besar? [IDS]

“Think little goals and expect little achievements. Think big goals and win big success.” ~ David J. Schwartz

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/The_Magic_of_Thinking_Big

http://edukasi.kompasiana.com/2011/12/26/berpikir-besar/

http://www.motivasi-islami.com/berpikir-dan-berjiwa-besar-dalam-praktek/

Tagged with: , ,
Posted in Motivation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 + = 14

WhatsApp chat